Inilah Tahapan Kanker Payudara yang Wajib Kamu Ketahui

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang populer dan menjadi penyakit dengan angka pengidap paling tinggi. Bahkan di Amerika Serikat satu dari 8 perempuan mengidap kanker payudara. Hal ini membuatnya jadi pembunuh perempuan paling banyak nomor dua dan sangat ditakuti kaum hawa.

Kanker payudara ini juga memiliki tahapan – tahapan, yaitu mulai dari stadium 0 hingga 4. Bahkan pada tahap I hingga III masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Tahapan kanker payudara ini haruslah kamu ketahui, karena diagnosis penyakit ini yang mirip dengan penyakit lain dan bisa saja kamu baru mengetahui mengidap kanker ketika sudah di tahap III atau IV.

Tahapan kanker payudara

Pada tahap 0, ini merupakan tahap awal dimana kanker payudara baru terdiagnosis dalam saluran payudara atau kelenjar susu dan belum menyebar kemanapun. Pada tahap ini kemampuan untuk sembuh jauh lebih besar karena masih bisa dilakukan pengobatan maupun penanganan yang lebih lanjut.

Pada tahap I, ini merupakan fase dimana kanker payudara disebut invasif, dimana telah rusak dan bisa menyerang jaringan lain yang sehat. Tahap 1 ini memiliki dua jenis diagnosis, yaitu Tahap IA dan Tahap IB. Pada tahap IA sendiri kanker sudah menyebar ke dalam jaringan lemak payudara serta ukurannya sudah lebih besar dari biji kacang. Sedangkan pada tahap IB, beberapa sel kanker mungkin sudah masuk dalam kelenjar getah bening.

Pada tahap II, disini kanker sudah mulai tumbuh dan menyebar. Seperti tahap I, Tahap II juga memiliki dua jenis, yaitu tahap IIA dan IIB. Pada tahap IIA kondisi tumor atau benjolan masih ada, namun kemungkinan sel kanker tidak ditemukan atau bahkan sudah tersebar ke jaringan lain. Sedangkan pada tahap IIB, tumor pada payudara menjadi lebih besar seukuran kenari.

Pada tahap III, kanker belum menyebar ke tulang maupun organ lainnya. Namun hal tersebut berarti sel kanker sudah lebih ganas dan sulit untuk dilawan. Pada tahap ini mempunyai tiga jenis, yaitu IIIA, IIIB, dan IIIC. Tahap IIIA berarti kanker telah ditemukan dan ada benjolan besar pada payudara. tahap IIIB, kondisi ketika tumor telah tumbuh ke dalam dinding dada atau kulit di sekitar payudara. Tahap IIIC berarti kanker sudah ditemukan di 10 kelenjar getah bening dan menyebar di atas atau di bawah tulang selangka.

Pada tahap IV atau tahap terakhir adalah yang paling parah, dimana sel – sel kanker payudara telah menyebar dari payudara dan kelenjar getah bening seperti tulang, paru – paru, hati dan otak.

Demikian tahapan kanker payudara yang wajib kamu ketahui. Selain dengan mengobatinya, kamu bisa juga mencegahnya, caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan payudara sedini mungkin untuk jaga – jaga agar tidak terdiagnosis kanker payudara sudah dalam keadaan stadium akhir.