Kiat-Kiat Mengatasi Infertilitas

Infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil setelah mencoba setidaknya selama satu tahun. Banyak pasangan berpendapat bahwa infertilitas dikarenakan pihak wanita yang bermasalah, tapi sebenarnya pria juga bisa menjadi penyebab dari infertilitas.

Penyebab utama infertilitas pada wanita adalah kegagalan untuk ovulasi, yang dipengaruhi oleh pola makan, ketidakseimbangan hormon, dan faktor lainnya. Wanita yang sangat kurus dan yang kelebihan berat badan keduanya tidak bisa ovulasi, karena jumlah lemak tubuh berhubungan erat dengan tingkat estrogen.

Sedangkan, jumlah sperma yang rendah merupakan penyebab utama infertilitas pada pria, dan untuk alasan yang belum diketahui, seluruh pria di dunia saat ini memproduksi sperma yang lebih sedikit dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Beberapa ilmuwan mempercayai bahwa beberapa pestisida, yang mempunyai efek seperti estrogren, kemungkinan mempengaruhi penurunan produksi sperma pada pria. Konsumsi alkohol dan penggunaan tembakau juga turut menurunkan produksi sperma, maka penggunaan alkohol dan tembakau harus dihindari jika ingin cepat hamil.

Kaitan Dengan Nutrisi

Sebenarnya nutrisi bukanlah masalah utama yang bisa menyebabkan infertilitas, tapi mengonsumsi makanan-makanan sehat itu penting untuk meningkatkan peluang hamil dan melahirkan secara sehat.

Konsumsi diet seimbang yang kaya akan nutrisi penting. Menggunakan kontrasepsi oral selama 5 tahun atau lebih dapat mengakibatkan berkurangnya cadangan vitamin B6, B12, C, dan E, begitu juga dengan kalsium, zinc, dan mineral lainnya. Asupan zinc yang tidak memadai juga bisa menyebabkan infertilitas pada pria. Dan bahkan untuk pria yang tidak kekurangan gizi, bukti menunjukkan bahwa vitamin B12 (yang ditemukan di produk hewani) dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi berikut—sayuran dan buah untuk vitamin C; susu dan youghurt rendah lemak untuk kalsium; cereal dan roti yang diperkaya, daging tanpa lemak, daging ungags, dan seafood untuk vitamin B, dan juga zat besi, zinc, serta mineral lainnya.

Konsumsi makanan yang kaya akan folate atau suplemen. Dokter menyarankan wanita yang sedang hamil, atau yang mungkin hamil, untuk mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan folat atau mengonsumsi suplemen asam folat untuk mengurangi memiliki anak cacat dengan masalah tabung saraf seperti spina bifida. Sumber folat yang baik dapat Anda temukan pada sereal sarapan yang diperkaya, sayuran hijau, kacang polong, dan jus jeruk.

Batasi alkohol. Alkohol telah diketahui dapat mengurangi kesuburan pada pria maupun wanita.

Batasi juga kopi. Peneliti di Universitas Johns Hopkins menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi setiap harinya mengurangi kesempatan mereka untuk hamil di bulan tertentu sebesar 25%.

Jangan lupakan vitamin B12. Bukti lainnya menunjukkan bahwa vitamin B12 (yang dapat ditemukan di produk hewani) dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, bahkan pada pria tidak kekurangan vitamin B12.

Selain Pola Makan

Perawatan infertilitas tergantung dari banyak factor, termasuk umur dari kedua pasangan, lamannya infertilitas, preferensi pribadi. Dengan sedikit saran dan bantuan teknologi, pasangan mungkin saja bisa hamil. Pendekatan dan tips umum berikut patut dicoba:

Hentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok dapat mengurangi kesuburan pada pria maupun wanita.

Pertahankan berat badan yang sehat. Wanita manapun yang ingin hamil perlu mencoba mencapai berat badan yang ideal sebelum pembuahan. Wanita yang berat badannya dibawah ideal dapat terkena anemia saat masa kehamilam, dan juga bayinya berisiko menderita beberapa masalah kesehatan. Sedangkan, wanita yang kelebihan berat badan, perlu diet sebelum hamil; dengan begitu dapat mengurangi resiko menderita tekanan darah tinggi atau diabetes saat masa kehamilan.

Konsultasikan dengan dokter atau temui spesialis kesuburan. Temui dokter untuk mengetahui penyebab infertilitas. Bergantung dari penyebabnya, obat kesuburan, bantuan teknologi reproduksi, atau operasi mungkin direkomendasikan.

sumber: deherba.com