Makanan-Makanan Terbaik Untuk Orang Lanjut Usia

Usahakan untuk selalu memasukkan makanan-makanan berikut ke dalam menu makan Anda setiap hari:

Bayam. Kalsium penting dibutuhkan untuk membantu menjaga tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis. Mereka yang berumur lebih dari 70 tahun butuh setidaknya 1,200 mg kalsium per harinya, jumlah tsb tergolong banyak. Untungnya, kalsium banyak terdapat di makanan-makanan sehat, misalnya adalah bayam—hanya satu cangkir (273 mL) dari bayam yang direbus dapat memberi Anda 250 mg kalsium.

Susu. Bertujuan agar tubuh Anda menyerap kalsium, Anda butuh asupan vitamin D setiap harinya. Seringkali, Anda juga mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari, tapi jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, maka Anda membutuhkan suplemen. Susu sudah diperkaya dengan vitamin D, jadi satu gelas atau dua gelas susu setiap hari dapat mencukupi kebutuhan vitamin D Anda.

Salmon. Asam lemak omega-3, yang dapat ditemukan di minyak ikan, diibaratkan seperti mata air awet mudah bagi lansia. Mengapa? Tidak hanya dapat mencegah serangan jantung, studi juga menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengurangi resiko degenerasi makula dan kehilangan penglihatan, serta dapat melindungi dari penyakit Alzheimer. Peneliti merekomendasikan mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 tapi rendah merkuri—seperti salmon, ikan trout, ikan kembung, ikan haring, dan sarden—beberapa kali dalam seminggu.

Berries. Penelitian belakangan ini menemukan bahwa blueberry dan strawberry sebenarnya bisa memperlambat penurunan mental pada lansia. Tampaknya, kandungan flavonoids yang melimpah dalam berry, memiliki sifat antioksidan yang kuat yang dapat mengurangi peradangan organ tubuh, peradangan pada organ sering disalahkan atas gangguan kognitif pada lansia.

Kacang polong. Kacang polong mengandung serat larut, yang diketahui dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan gula dalam darah (glukosa), serta membantu meredakan sembelit. Semakin bertambahnya umur Anda, sistem pencernaan Anda semakin lambat, jadi Anda butuh mengonsumsi lebih banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Kacang polong adalah makanan pokok para vegetarian, karena selain banyak mengandung serat, kacang polong juga kaya akan protein dan vitamin B. Kacang polong mengandung lemak jenuh juga, tapi hanya sedikit.

Gandum utuh. Gandum utuh merupakan makanan tinggi serat lainnya yang dianjurkan untuk lansia, gandum utuh dapat melindungi Anda dari sakit jantung, diabetes, syndrome metabolik, dan kanker. Jika dokter Anda mengkhawatirkan penurunan berat badan Anda, Anda dapat mulai mengonsumsi roti dan kraker gandum utuh yang merupakan cara yang sehat untuk menambah berat badan.

Belewah. Belewah kaya akan kalium. Buah dengan rasa manis yang mirip melon ini harus menjadi makanan pokok bagi lansia. Tidak hanya karena dapat menurunkan tekanan darah, tetapi blewah juga dapat membantu menguatkan otot tubuh.

Sumber: https://www.deherba.com/pahamilah-bahwa-kebutuhan-nutrisi-lansia-berubah-seraya-usia-menua.html