Mengenal Lebih Dalam Genset Tipe Open

Genset tipe open merupakan genset yang di desain dengan terbuka. mesin genset hanya dilengkapi dengan kerangka penyangga saja. Mesin genset tipe open merupakan mesin yang paling sering digunakan pada umumnya. Mesin genset ini sering terlihat digunakan pada rumah tangga. Genset tipe ini biasanya memiliki kapasitas standar yang mampu menampung seluruh kebutuhan listrik rumah tangga.

Mengenal Lebih Dalam Genset Tipe Open

Genset open merupakan kebalikan dari genset silent. Genset silent biasanya digunakan pada ruangan terbuka atau jauh dari jangkauan anak-anak dan aktivitas manusia. Genset open memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli genset open. Berikut review genset open yang didapatkan dari PT. Rajawali Indo yang menyediakan jual genset tipe open di jakarta segala merek dan harga.

Kekurangan dan kelebihan genset open

  1. Harga yang lebih murah

Harga genset open jika dibandingkan dengan genset silent jauh berbeda. genset open memiliki harga yang lebih murah karena genset ini tidak dibekali dengan canopy atau box penutup sehingga biaya produksinya juga lebih rendah. Hal tersebut berimplikasi terhadap harga jual genset open. Genset ini cukup banyak digunakan pada rumah tangga mengingat harganya yang lebih murah dari genset silent.

  1. Suara bising yang dihasilkan lebih tinggi

Karena genset open merupakan genset terbuka tentu saja suara bising yang dihasilkan lebih tinggi daripada genset silent. Sebaiknya genset open diletakkan pada ruangan khusus atau ruangan kedap suara. Jika tidak ingin meletakkan pada ruangan, bisa juga diletakkan pada ruangan terbuka yang cukup jauh dari aktivitas manusia. Namun perlu diperhatikan keamanan jika meletakkan pada ruangan terbuka.

  1. Perawatan, pemeliharaan  dan pengoperasian yang lebih mudah

Dalam segi perawatan, pengoperasian dan pemeliharaan genset open jauh lebih mudah dari genset silent. Hal tersebut karena pembongkaran pada genset open lebih sederhana. Untuk pemeliharaan luar seperti badan mesin, genset open tidak perlu dibongkar karena badan mesin sudah terlihat dan bisa dibersihkan langsung. Pengoperasian genset open juga terkesan lebih mudah dari genset silent.

  1. Tingkat keamanan

Dari aspek keamanan, genset open memang terkesan kalah dari genset silent. Hal tersebut karena genset open yang terbuka sehingga rentan tersentuh manusia atau hewan peliharaan dan sebagainya. Menggunakan genset open harus lebih hati-hati dan waspada. Terlebih lagi jika digunakan pada rumah tangga dengan anggota keluarga yang cukup banyak atau memiliki anak kecil.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan tersebut, sebaiknya pelanggan harus tetap mempertimbangkan kebutuhan dan kenyamanna ketika menggunakan genset. Tentunya review tersebut merupakan pernyataan yang sekiranya dapat dijadikan pertimbangan apabila hendak membeli genset. Apabila pengguna memiliki ruang khusus untuk meletakkan genset, tidak ada salahnya menggunakan tipe open.