Pengertian Penyakit Melanoma Maligna

Pengertian Penyakit Melanoma Maligna

Melanoma maligna adalah bentuk kanker kulit yang paling berbahaya dan ukuran jumlah kematian melanoma maligna meningkat diseluruh dunia. Melanoma maligna merupakan keganasan kulit yang berasal dari produksi sel pigmen (melanosit); pemberi warna pada kulit, yang meningkat. Pada umumnya melanoma maligna yang masih mampu membentuk melanin berwarna coklat atau kehitaman. Bahkan beberapa melanoma maligna yang sel-selnya tidak dapat membentuk melanin lagi tampak berwarna merah muda, tan atau bahkan putih. Melanoma maligna bisa timbul pada bagian mana saja di tubuh, yang paling sering adalah di dada dan punggung pada pria, dan pada tungkai bawah pada wanita, serta di lokasi lain yaitu di wajah dan leher. Namun MM (Melanoma Maligna) juga dapat ditemukan paad anggota tubuh lain seperti mata, mulit, daerah genital dan daerah anus, meskipun jarang.

Meskipun MM ini hanya terhitung 4% dari semua kanker kulit, namun MM menyebabkan 80%  kematian dari kanker kulit. MM kanker yang paling banyak pada dewasa muda (20-39 tahun) dan paling banyak menyebabkan kematian karena kanker. Kulit lebih gelap menurunkan resiko terkena MM; MM 20 kali lebih sering ditemukan pada kulit putih dibandingkan pada kulit gelap. Penyebab utama MM secara umum adalah karena paparan sinar radiasi ultraviolet. Sinar matahari yang membakar kulit dalam waktu singkat namun terjadi berulang-ulang diketahui sebagai faktor risiko utama terjadinya MM.

Faktor resiko lain yang mungkin dapat menjadi penyebab MM adalah faktor genetic (keturunan) seperti pada contohnya adalah keluarga dengan riwayat melanoma/kanker kulit, riwayat keluarga dengan tahi lalat yang menonjol dan tidak beraturan, riwayat keluarga dengan kanker pancreas/astrositoma, namun masih belum diketahui dengan jelas seberapa pentingnya mutasi gen-gen ini dianggap sebagai faktor risiko melanoma maligna. Selanjutnya ada faktor lingkungan yang kemungkinan bisa menjadi faktor terjadinya MM, yaitu paparan radiasi UV dari matahari, seperti pada perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih menyukai berjemur ataupun pekerjaan yang memang harus sering terpapar matahari. Status social ekonomi juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya MM karena seseorang dengan social ekonimo yang tinggi cenderung terkena paparan sinar UV berulang-ulang tetapi dalam kurun waktu singkat yang tinggi dan berlebihan (olahraga outdoor, olahraga musim dingin, dan sunbathing). Selanjutya, orang yang beresiko adalah yang memiliki penyakit dahulu dan penyerta seperti seorang yang pernah menderita MM sebelumnya dan orang dengan daya tahan tubuh yang turun seperti terinfeksi HIV, penyakit hodgkin’s (kamker pada system limfatik, getah bening; merupakan system kekebalan tubuh) dan orang yang mendapat terapi cyclosporine A (terapi imun).

Tanda awal melanoma adalah perubahan pada bentuk/warna tahi lalat yang ada atau munculnya benjolan baru di manapun pada kulit, yang kemudian diringkas menjadi ABCDE yaitu Asimetris (tidak simetris), batas tidak tegas atau tidak beraturan, berubah warnanya, dan bertambah lebar atau besar. Namun, tanda-tanda tersebut tidak dapat digunakan untuk bentuk melanoma yang paling berbahaya, melanoma nodular (benjolan yang mengandung sel kanker). Dugaan kanker ini bisa lebih ditegakkan berdasarkan hasil dari biopsy dari setiap benjolan di kulit dan pemeriksaan pada seluruh kelenjar getah bening.

Pencegahan MM bisa diolakukan dengan cara penggunaan tabir surya dan menghindari sinar UV. Pengobatan bisa dilakukan dengan operasi/pembedahan, terapi sistemik dan penyinaran pada area kanker. Namun semua itu bisa dilakukan jika telah dipastikan/dideteksi stadium pada kanker tersebut. Untuk pencegahan awal bisa dilakukan deteksi dini melalui pemeriksaan kulit sendiri, bisa dengan bantuan keluarga ataupun teman atau pemeriksaan oleh klinik dermatologis/kulit.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik terbaik di jakarta yang menangani secara khusus penyakit kulit dan kelamin, jika anda mempunyai keluhan atau gejala penyakit kulit dan kelamin silahkan konsultasikkan kepada Klinik Pandawa dengan menghubungi nomor 081386357761