Prioritas Memilih Genset Perumahan yang Tepat

Saat listrik padam, genset bisa membuat rumah Anda tetap hangat dan terang. Anda juga bisa tetap memasak di dapur, komputer dan telepon juga tetap bisa digunakan. Akan tetapi, ketika Anda membeli mesin generator set di tempat jual mesin genset di jogja untuk perumahan dengan tergesa-gesa bisa berarti Anda telah melewati prosedur yang benar terkait pemilihan hingga pemasangan. Artinya, Anda harus terlebih dahulu menentukan prioritas yang benar dalam memilih genset untuk rumah idaman Anda.

Memilih Genset Perumahan yang Tepat

Prioritas Memilih Genset Perumahan

Ada beberapa prioritas yang harus Anda perhatikan sebelum membeli genset untuk rumah, seperti;

Tentukan watt listrik

Genset biasanya dijual dengan watt. Berapa banyak yang mereka keluarkan tidak hanya menentukan berapa banyak lampu dan peralatan yang bisa Anda gunakan sekaligus, tapi juga seberapa baik supply dayanya. Anda mungkin membutuhkan kalkulator watt untuk mengetahui seberapa besar watt rata-rata untuk kebanyakan peralatan dan perangkat di rumah. Anda bisa juga bertanya kepada ahlinya.

Tuliskan apa yang penting bagi Anda

Beberapa komponen penting adalah kulkas (sekitar 600 watt), pompa air (750 sampai 1.500 watt), AC (1.000 watt), lampu (60 sampai 600 watt), dan komputer (60 sampai 300 watt). Artinya, ketika listrik padam, peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus tetap menyala, itu yang seharusnya lebih diprioritaskan di dalam memilih daya genset untuk rumah.

Pilih genset tetap atau portable

Ada dua pilihan genset perumahan yang ada di pasar yakni genset jenis stasioner atau tetap dan genset jenis portable. Untuk genset stasioner atau tetap, unit-unit ini menghabiskan biaya lebih banyak dan harus dipasang oleh ahlinya (ada biaya tenaga kerja). Tukang listrik berpengalaman dapat membantu memasang dengan benar sehingga kebisingan bisa dikurangi serta dapat memilih lokasi yang tepat. Genset ini juga biasanya bekerja secara otomatis ketika listrik padam.

Sedangkan untuk genset portable, unit-unit ini cenderung lebih murah dari sisi biaya dan perawatannya. Tapi, Anda tidak bisa menggunakannya secara otomatis dan harus ditempatkan di luar. Biasanya genset perumahan jenis ini memiliki tingkat kebisingan yang cukup mengganggu walaupun ada juga merek yang membuat genset portable dengan tingkat kebisingan yang rendah hingga silent.

Kesimpulan

Dipasar mesin genset Indonesia sudah banyak bertebaran aneka macam merk genset dari pabrikan pemula hingga pabrikan yang sudah lama berkiprah. Khusus untuk rumah, lebih selektiflah dalam membeli mesin genset, sebab jika anda membeli yang kapasitasnya kurang dari kebutuhan rumah, maka mesin tersebut tak akan berkerja dengan maksimal.

Namun kini anda tak perlu lagi bingung bagaimana cara dan langkah yang tepat dalam memilihnya, sebab pada artikel diatas sudah saya jelaskan secara singkat dan jelas tips dalam memilih genset yang tepat dan terbaik untuk rumah.