Rumah Apung Bernama Freedom Cove

rumah-apung-bernama-freedom-cove

Wayne Adams yang berumur 66 th dan Katherine king yang berumur 59 th merupakan pasangan suami-istri seniman yang membangun sendiri tempat tinggalnya dan menghabiskan waktu selama 20 tahun. Uniknya rumah yang mereka bangun tidak seperti rumah kebanyakan orang pada umumnya.
Sebagian dari kita mungkin tidak menyangka bahwa pasangan wayne – Katherine membangun rumahnya terapung diatas air yaitu berupa rumah apung. Hunian yang mereka bangun berada di tenggara Vancouver Island, Provinsi British Columbia, Kanada yang mereka beri nama “Freedom Cove”.

Mereka telah membangun dan memiliki 12 platform yang berbeda beda sejak pembangunannya pertama kali mulai tahun 1992. Tiap tiap platform memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda. Ada yang berfungsi sebagai tempat latihan menari, studio, galleri seni, guest lighthouse atau tempat menerima tamu dan masih ada 5 platform lainnya yang berfungsi sebagai rumah kaca. Keunikan hunian rumah pasangan ini karena berkonsep rumah yang ramah lingkungan yang sudah lama mereka terapkan dan pastinya keunikan lainnya karena lokasinya yang terapung diatas air.

Untuk mengkonsumsi makanan sehari hari pasangan wayne – Katherine ini memancing ikan yang ada disekitarnya dan mengambil sayuran yang mereka tanam sendiri. Dari platform platform yang dibuat menggunakan kubus apung HDPE dan berada disekitar huniannya mereka menanam sayuran untuk dikonsumsi sendiri pada rumah kaca yang mengambil space hingga ½ hektar lahan rumah. Sementara itu untuk konsumsi air bersih mereka mendapatkannya dari air terjun yang letaknya tak jauh dari hunian mereka selama musim panas. Jika musim dingin tiba mereka mendapatkannya dari air hujan yang mereka tamping dan simpan selama hujan mengguyur.

Untuk mendapatkan sumber listrik mereka mengunakan 14 solar cell yang dipasang pada rumah apung itu. Namun sekarang mereka banyak memanfaatkan generator yang digerakkan oleh tenaga air untuk memasok pasokan listrik ke hunian mereka karena 14 solar cell yang mengubah sinar matahari menjadi listrik milik mereka itu rusak.

Bila tak sedang mengurusi rumah wayne adalah seorang pemahat yang akan sibuk mengerjakan pahatan karya seni, sedangkan Katherine akan ibuk menari, melukis atau menulis buku. Mereka juga akan sibuk menerima para turis yang datang dan ingin mempelajari gaya hidup ramah lingkungan yang sudah lama mereka jalankan ini terutama yang bertepatan di musim panas.

rumah-apung-bernama-freedom-cove-1