Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Menarik Pembaca

Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Menarik Pembaca

Anda pasti setuju bahwa judul adalah salah satu faktor yang mampu mencuri perhatian orang untuk membaca artikel ataupun informasi yang disajikan. Judul dianggap sebagai salah satu kunci menarik atau tidaknya sebuah artikel. Coba saja anda bayangkan, untuk apa anda capek-capek menulis artikel berkualitas jika tidak ada yang membacanya. Maka dari itu, ada baiknya anda imbangi artikel berkualitas yang anda buat tersebut dengan judul artikel yang menarik.

Permasalahan ini tidak hanya berlaku untuk judul dalam sebuah website atau blog saja, melainkan juga semua jenis artikel, seperti artikel berita, buku, dan lain sebagainya. Hanya saja, judul artikel yang menarik memberikan keuntungan yang sangat besar dalam artikel website. Hal ini dikarenakan judul jasa penulis artikel yang menarik mampu mengundang banyak pembaca sehingga bisa menambah penghasilan anda. Maka dari itu, anda harus mampu menciptakan judul artikel yang menarik.

Judul Artikel yang Menarik

Ada banyak cara yang bisa anda tempuh untuk menentukan judul artikel yang menarik. Berikut ulasannya.

Bedakan Judul Dengan Topik

Anda jangan menggunakan topik langsung sebagai judul artikel. Pada dasarnya, topik bersifat umum, sedangkan judul sifatnya spesifik. Judul artikel yang menarik mampu memperlihatkan bahwa artikel tersebut berbeda dari artikel yang lainnya meski topiknya sama. Judul bisa membuat artikel anda memiliki nilai lebih jika dibandingkan artikel lain. Misal topiknya adalah cara wawancara kerja, maka judulnya bisa 5 cara wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan idamanmu.

Angka dan Daftar

Judul artikel yang menarik selanjutnya ialah judul yang terdapat angka ataupun daftar. Dengan cara ini, artikel anda akan terlihat lebih menonjol jika dibandingkan artikel lainnya. Adapun beberapa daftar kata menarik yang bisa anda letakkan di awal judul diantaranya yaitu alasan, tips, cara, trik rahasia, ide, strategi, teknik, metode, fakta, dan statistik.

Misterius atau Pertanyaan

Judul artikel yang menarik pastinya mampu mencuri perhatian pembaca sehingga ingin tahu lebih dalam. Dalam hal ini, anda bisa memasukkan sedikit misteri atau pertanyaan dalam judul anda. Cara ini bisa membantu mendorong lebih banyak pembaca. Cara ini seringkali menjadi perdebatan sebab lebih menekankan pembaca untuk mengklik link artikel dibandingkan nilai artikel itu sendiri. Hanya saja, hal ini tergantung dari tujuan anda. Jangan sampai pembaca merasa tertipu dengan judul yang tidak sesuai dengan isinya.

Jabaran Isi Artikel

Menjabarkan isi artikel adalah salah satu cara membuat judul artikel yang menarik dan baik. Pastikan anda membuat judul yang sesuai dengan isi artikel yang anda tulis. Selain itu, judul haruslah jelas sehingga tidak membuat calon pembaca merasa bingung atau berpikir berulang kali. Hal ini juga berarti judul seharusnya tidak samar-samar dan menggantung. Judul yang tidak jelas tentu saja membuat orang tidak ingin membacanya.

Mengandung Manfaat

Semua orang pastinya menyukai hal-hal yang memberikan manfaat, tak terkecuali artikel. Maka dari itu, anda buat judul artikel yang menarik dan mengandung manfaat. Anda harus bisa menunjukkan kepada para pembaca tentang manfaat membaca artikel anda. Adapun cara terbaik dalam menciptakan judul artikel yang menarik pembaca ialah dengan menempatkan diri anda sebagai pembaca. Pikirkan apa yang pembaca perlukan, apa yang membuat pembaca frustasi, dan apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Misal, judul “Tips Naik Berat Badan” bisa anda ganti dengan judul “7 Makanan Yang Meningkatkan Berat Badan”. Hal ini pastinya akan lebih menarik pembaca.

Kualitas Bukan Kuantitas

Judul artikel yang menarik tentu saja lebih memperhatikan kualitas jika dibandingkan kuantitas. Alangkah baiknya anda buat judul artikel yang singkat. Jdul artikel tidak lebih dari 10 kata. Buat judul yang langsung ke intinya (to the point). Judul yang terlalu panjang dan bertele-tele akan membuat pembaca pusing dan enggan membukanya. Pada akhirnya, proses pembuatan judul dipengaruhi oleh kreativitas. Semakin kreatif, maka akan semakin bagus. Akan tetapi, kreativitas hanya bisa muncul saat anda sudah punya banyak pengalaman. Hampir tidak ada orang yang dapat menciptakan sesuatu yang bagus pada sekali percobaan.

Sumber artikel https://sahabatartikel.co.id/