Tuan Rumah Kirab Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Asian Games 2018 baru akan dimulai 18 Agustus 2018 mendatang. Namun, gegap gempita menyambut pesta olahraga se-Asia itu sudah terasa derapnya sejak dilakukan Kirab Obor Asian Games 2018. Bank Negara Indonesia (BNI) dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kirab Obor Asian Games 2018 tersebut di Yogyakarta, 18-19 Juli 2018.

Kirab itu diawali dengan seremoni penyatuan api Asian Games dari New Delhi, India, dengan api abadi dari Mrapen Grobogan, Jawa Tengah, di Lapangan Brahma Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta, Rabu petang, 18 Juli 2018.

Pada kesempatan itu Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta didampingi Ketua Pelaksana INASGOC (Indonesian Asian Games Organizing Committee) Erick Thohir, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewo Broto, dan Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto meluncurkan Virtual Account Debit Combo Card.

asian games

BNI dipercaya oleh INASGOC untuk menyiapkan Kartu Virtual Account Debit Combo guna mendukung program pemerintah transaksi nontunai di ajang Asian Games 2018. Semua atlet dan para official serta semua pendukung yang hadir ke Indonesia dalam rangka mengikuti Asian Games 2018, akan secara langsung mendapatkan kartu Virtual Account Debit Combo tersebut.

Kartu tersebut mempunyai fungsi yang sama dengan Kartu Debit BNI, namun tidak mengharuskan penggunanya untuk membuka buku tabungan. Setelah seremoni penyatuan api, Obor Asian Games 2018 itu diarak keliling Yogyakarta untuk kemudian dibawa ke Solo, Jawa Tengah.

Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok P. Setyawati ikut berlari membawa obor Asian Games dari Titik Nol Kilometer yang berlokasi persis di depan Gedung Kantor Wilayah BNI Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan itu dinilai bersejarah bagi industri perbankan nasional. Di kawasan itu pula berdiri kokoh Gedung Bank Indonesia Wilayah Yogyakarta, sebuah monumen yang mengingatkan perjuangan kedaulatan moneter NKRI.

Di situlah BNI 1946 berdiri. Usai membawa lari Obor Asian Games 2018, Tambok naik panggung utama di depan Gedung Kantor Wilayah BNI Yogyakarta untuk mengajak masyarakat ikut menikmati fasilitas transaksi digital melalui Tapcash. “Kita bangga bisa ikut memajukan olahraga di Indonesia. Mulai hari ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan Tapcash edisi Asian Games 2018. Ini merupakan wujud nyata bahwa BNItu digital,” serunya.

Selain menyediakan booth khusus pembelian kartu Tapcash edisi Asian Games, BNI juga memberikan promo diskon khusus paket makanan dan minuman seharga hanya Rp 1.808. Banyak masyarakat Yogyakarta yang memanfaatkan promosi tersebut.

Kartu Tapcash juga bisa digunakan untuk setiap transaksi nontunai seperti pembelian tiket dan diskon di tempat-tempat penginapan maupun belanja oleh-oleh di sekitar venue Asian Games 2018 seperti Jakarta dan Palembang.

BNI juga akan membuka 28 booth khusus untuk pelayanan transaksi perbankan dalam hal ini termasuk penukaran valuta asing bagi para atlet yang jumlahnya mencapai sekitar 21 ribu orang, official dan pengunjung Asian Games 2018.

Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan selama berlangsungnya Asian Games di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus – 2 September 2018. Ke-28 booth itu ditempatkan di sekitar arena pertandingan dan permukiman atlet di Jakarta (16 unit), Palembang (8 unit) dan beberapa lokasi di Jawa Barat (4 unit).

Direktur Treasury & Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo mengatakan, penukaran mata uang asing dapat dilayani secara cashless exchange. Mata uang Indonesia rupiah diberikan dalam bentuk kartu debit virtual account, guna memudahkan para atlet dan kontingen mancanegara berbelanja dan bertransaksi selama berada di Indonesia.